Sabtu, 05 Oktober 2013

Pengertian One To One Communication


One to one communication adalah tindakan individu berkomunikasi dengan yang lain. Dalam hal internet, hal ini dapat dilakukan melalui e-mail, tetapi yang paling khas satu-ke-satu komunikasi di Internet adalah pesan instan karena tidak mempertimbangkan banyak-ke-banyak komunikasi seperti chat room sebagai bagian penting dari perusahaan lingkup (Namun, ini dapat diperdebatkan sebagai pesan instan termasuk mengumumkan informasi keberadaan, yang dapat dianggap sebagai bagian dari sistem komunikasi many-to-many).




Adapun hal-hal yang harus dihindari dalam berkomunikasi yang terjadi antar individu :
 

  • ·  Jangan terlalu banyak mengutip , jika harus mengutip pesan seseorang dalam menjawab email , usahakan menghapus bagan-bagian yang tidak perlu dan jawablah bagian yang relevan saja. Pesan yang terlalu panjang memakan file yang besar yang membuat loading semakin lama.
  • ·  Perlakukan email secara pribadi , jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda secara pribadi ( private message ) , anda tidak sepatutnya  mengirim / menjawab kembali ke dalam forum umum, karena pada dasarnya email adalah pesan pribadi , untuk itu kita sebagai komunikan harus bisa menjaga kerahasiaan komunikator.
  • ·   Hati-hati dalam menggunakan huruf kapital , karena penggunaan karakter huruf bisa dianalogikan dengan suasana hati si penulis. Huruf kapital mencerminkan penulis yang sedang emosi , marah atau berteriak. Tetapi adakalanya huruf kapital dapat digunakan untuk memberi maksud. Tapi yang harus digaris bawahi ,gunakanlah penegasan maksud ini secukupnya saja , satu atau dua kata dan jangan sampai seluruh kalimat atau paragraf.
  • ·      Jangan membicarakan orang lain , tak ada manusia yang sempurna , untuk itu kita tidak seharusnya membicarakan kejelekan seseorang , meskipun kita sebagai komunikator bisa dengan mudah memanfaatkan email sebagai sarana berbagi , akan tetapi berhati-hatilah dalam membagi cerita apapun termasuk membicarakan orang lain , karena email menyediakan fasilitas yang bernama ‘forward’ yang memudahkan si komunikan atau penerima email untuk meneruskan pesan tersebut kepada orang lain.
  • ·      Jangan gunakan cc ( copy carbon ) , penggunaan fasilitas email seperti cc sebenarnya memudahkan kita untuk mengirim pesan ke beberapa penerima , hanya saja tidak semua orang suka jika alamat emailnya dibeberkan , untuk itu ada baiknya kita sebagai pengirim email gunakan saja fasilitas BCC ( Blind copy carbon ) , dengan cara ini para penerima hanya bisa bisa melihat alamat emailnya sendiri.
  • ·  Jawablah secara masuk akal , berikan jawaban untuk setiap email yang masuk dengan bijak , hal ini harus dilakukan untuk menghindari  kesalahpahaman.

 Contoh – contoh dari one to one communication
a. Email ( electronic email )

Email merupakan singkatan dari electronic email atau bias disebut surat electronic, dimana kita bias mengirim pesan teks, foto, audio, maupun video. Dari satu computer kekomputer lain dalam suatu jaringan internet. Contohnya yahoo, gmail, dan hotmail.

Contoh gambar email :








b. Chat ( Pesan langsung )

Adalah suatu fitur atau program dalam berinternet untuk berkomnikasi langsung sesama pemakai internet yang sedang online. Komunikasinya bias berupa teks atau suara kepada orang lain yang sedang online kemudian orang yang dituju membalas yang kita kirim dengan teks atau suara demikian seterusnya.

Contoh gambar chat :
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar